Inovasi Pembelajaran Berteknologi Membangkitkan Antusiasme Siswa MI Masyhudiyah

0
Inovasi pembelajaran seru berteknologi 4.0 dihadirkan Mahasiswa KKN Prodi Pendidikan Matematika UMG. Para siswa menyambut dengan antusias praktik pembelajaran melalui aplikasi Canva, Bamboozle, dan Liveworksheet.

Siswa antusias mencoba aplikasi Liveworksheet. (Tagar.co/Syawaliyah Aida Safitri)

Inovasi pembelajaran seru berteknologi 4.0 dihadirkan Mahasiswa KKN Prodi Pendidikan Matematika UMG. Para siswa menyambut dengan antusias praktik pembelajaran melalui aplikasi Canva, Bamboozle, dan Liveworksheet.
Siswa antusias mencoba aplikasi Liveworksheet. (Tagar.co/Syawaliyah Aida Safitri)

Inovasi pembelajaran seru berteknologi 4.0 dihadirkan Mahasiswa KKN Prodi Pendidikan Matematika UMG. Para siswa menyambut dengan antusias praktik pembelajaran melalui aplikasi Canva, Bamboozle, dan Liveworksheet.

Tagar.co — Tak sekadar duduk di bangkunya, para siswa mengerubungi meja guru. Pasalnya, di sana ada laptop yang menampilkan kuis matematika melalui aplikasi Liveworksheet. Mereka bergantian mencoba dengan semangat, Sabtu (21/9/2024).

Setelah itu, para siswa juga bergiliran maju mengerjakan soal di papan tulis. Jangan bayangkan guru menulis soalnya satu per satu di papan tulis. Aplikasi Baambozle membantu menampilkan soalnya satu per satu di laptop. Laptop itu terhubung dengan proyektor yang menyorot ke papan tulis.

Penggunaan aplikasi canggih dalam pembelajaran ini bagian dari program kerja mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Prodi Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Gresik (UMG). Terwujudlah pembelajaran berbasis teknologi di Desa Giri, Gresik, Jawa Timur, itu.

Baca juga: Pembakar Sampah Minim Asap Buatan Mahasiswa UMG

Tiga mahasiswa terlibat di baliknya. Mereka adalah Syawaliyah Aida Safitri, Muh. Arif Junaidi, dan Zahra Salsabila. Ketiga mahasiswa ini mengajak guru membuat video pembelajaran menggunakan aplikasi Canva dan membuat Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) menggunakan aplikasi Liveworksheet dan Baamboozle.

Siswa kelas IV MI Masyhudiyah beruntung bisa menjajal keseruan belajar dengan bantuan teknologi tersebut. “Pembelajaran ini bertujuan untuk membuat belajar matematika lebih menyenangkan dan interaktif,” terang Syawaliyah Aida Safitri.

Zahra Salsabila menambahkan, dengan adanya teknologi, diharapkan pemahaman peserta didik terhadap konsep matematika dapat meningkat. “Pembelajaran dengan teknologi dapat menyesuaikan perkembangan teknologi di era revolusi industri 4.0,” terangnya.

Di akhir pertemuan, mereka mengapresiasi kelompok siswa yang memperoleh skor tertinggi di kelas.

Apresiasi kepada kelompok yang mendapatkan nilai tertinggi. (Tagar.co/Muhammad Rizal Firdaus)

Teknologi Memudahkan Penyampaian

Muh. Arif Junaidi bersyukur, peserta didiknya sangat antusias mengikuti pembelajaran. “Hal tersebut dibuktikan dengan ketika peserta didik berdiskusi menjawab LKPD. Mereka sangat antusias menjawab pertanyaan tersebut,” kenangnya.

Selain itu, ketika guru memberikan lembar refleksi kepada peserta didik, mereka menyatakan pembelajaran menggunakan teknologi sangat menyenangkan. Bahkan mereka ingin belajar sambil menggunakan teknologi lagi.

Namirah Rahmadina, S.Pd., Guru Matematika yang akrab disapa Bu Meda, menyampaikan, “Kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa KKN UMG di MI Masyudiyah dapat membantu peserta didik memahami materi melalui pembelajaran yang menarik dan interaktif.”

Ia juga bersyukur, mahasiswa KKN menjadi pengajar sekaligus teman yang memberi dukungan kepada peserta didik untuk lebih baik. Program ini menjadi contoh kolaborasi yang efektif antara mahasiswa KKN, guru, dan teknologi dalam menciptakan pembelajaran yang inovatif. (#)

Jurnalis Muhammad Arif Junaidi Penyunting Sayyidah Nuriyah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *